Tuesday, November 3, 2009

Apa Beda Mimpi Wanita dan Pria?

Menurut detikHealth : London, Wanita dan pria memang ditakdirkan berbeda, salah satunya untuk urusan mimpi. Studi yang dilakukan peneliti asal Inggris menyimpulkan, wanita lebih sering dibayangi mimpi buruk dan pria lebih sering bermimpi tentang seks.

Ternyata, mimpi seorang pria dan wanita itu berbeda. Ada dua faktor yang membuatnya berbeda, yaitu karena faktor biologis dan lingkungan sosial. Menurut psikolog Robert Van de Castle dan pakar mimpi Calvin Hall, mimpi memang berbeda-beda, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Di masa kanak-kanak, perbedaan antara mimpi pria dan wanita tidak terlalu berbeda. Namun seiring dengan bertambahnya usia dan kematangan, perbedaan mimpi pria dan wanita akan terlihat jelas.

Sebuah studi pun dilakukan untuk mengetahui bedanya. Psikolog asal Inggris, Jennie Parker mengundang 100 orang wanita dan 93 pria antara umur 18 hingga 25 tahun untuk mengikuti studi tersebut. Partisipan diminta untuk mencatat mimpi yang diingatnya setelah terbangun dari tidur dalam sebuah jurnal.

Setelah menganalisis hasil jurnal mimpi partisipan, Parker pun menarik dua kesimpulan. Pertama, wanita lebih banyak mengalami mimpi buruk daripada pria. Kedua, pria sering dan lebih banyak bermimpi tentang seks ketimbang wanita.

Mimpi buruk yang banyak dialami wanita terbagi dalam tiga kategori, yaitu mimpi yang membingungkan, kehilangan orang yang dicintai dan kegagalan hidup. Sedangkan, dari jurnal mimpi pria diketahui bahwa mimpi yang paling sering menghampiri mereka adalah soal seks dan hubungan intim.

Wanita juga ada yang bermimpi soal seks, namun berbeda dengan mimpi pria, wanita cenderung bermimpi tentang seks yang ringan, seperti berciuman atau memimpikan fantasi seksual tentang karakter dirinya sendiri.

Studi lain yang dilakukan oleh Dr Mark Blagrove dari Swansea University menunjukkan hasil yang berbeda. Dalam studi tersebut, Blagrove melakukan investigasi pada 100.000 orang dan diketahuilah beda mimpi pria dan wanita.

Menurut Blagrove, pria lebih banyak bermimpi tentang mobil, senjata, kekerasan atau sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaannya. Namun Blagrove juga menyebutkan, pria suka bermimpi soal seks, dan kebanyakan dari mereka bermimpi melakukan hubungan seks dengan orang asing, dan bukan pasangannya dalam dunia nyata.

Sementara itu, mimpi wanita menurut Blagrove cenderung lebih lama, berfokus pada rumah dan banyak melibatkan wajah orang-orang terdekat dari lingkungan keluarga, pekerjaan atau teman. Wanita juga lebih mengingat mimpi secara detail dibanding pria. Mereka bisa ingat ekspresi wajah, pakaian, tempat kejadian dan sebagainya.

Namun di balik perbedaan mimpi wanita dan pria, ada juga kesamaannya, yaitu mereka sama-sama bermimpi apa yang mereka inginkan dan juga takutkan. Kesamaan mimpi lainnya ialah susah melihat, tidak bisa bergerak, terjatuh, tenggelam, dikejar-kejar setan atau seseorang.

Meskipun banyak perbedaan antara mimpi seorang pria dan wanita, namun mereka sama-sama melintasi daerah mimpi yang sama. Ketika bermimpi, penglihatan adalah sensasi yang paling terasa, diikuti dengan pendengaran, sentuhan dan bau-bauan.

"Jadi, para istri tidak perlu marah jika suami bermimpi melakukan seks dengan wanita lain, karena itu hanya mimpi," ujar Blagrouve seperti dilansir dari Divinecaroline, Senin (2/11/2009).

COMMENTS :

Don't Spam Here 1

jadi kebanyakan mimpi pria ternyata mesum ya....

hem....hm...hm

Anonymous said...
on 

Post a Comment

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .