Thursday, March 11, 2010

Teknologi Mac OS

Teknologi yang digunakan Mac OS, yaitu :
a. QuickDraw, merupakan sistem grafik raster yang mendefinisikan dasar informasi grafis.
b. Finder, merupakan aplikasi default dari sistem operasi Mac OS dan Mac OS X yang bertanggung jawab dalam pengelolaan penggunaan file, disk, network dan aplikasi lainnya.
c. MulfiFinder, merupakan aplikasi Apple Machintosh yang difungsikan untuk menjalankan perintah secara bersama dalam satu waktu (multi-tasking).
d. Apple Chooser, merupakan aplikasi program dari sistem Mac yang menggunakan Mac OS asli. Dengan Chooser memungkinkan pengguna terhubung ke server file AppleShare (melalui AppleTalk atau TCP/ IP), mengaktifkan atau menon-aktifkan akses jaringan dan memilih printer yang akan digunakan.
e. ColorSync, merupakan aplikasi dari Mac OS X yang digunakan untuk memanajemen perpaduan warna.



f. Quartz Extreme, sistem grafis OpenGL yang membuat hardware lebih cepat dalam mengolah gamabar.
g. Time Machine, digunakan untuk melihat dan mengembalikan versi sebelumnya dari sebuah file dan aplikasi data.
h. Spotlight search, memungkinkan dalam pencarian data yang real time, mail messages, photos, dan informasi lainnya berdasarkan kata kunci yang dimasukkan dalam pencarian.

Dalam sejarah keluarga Mac OS dapat dikategorikan dalam 2 jenis, yaitu:
1. Mac OS klasik, sistem operasi komputer yang dikeluarkan pada tahun 1984 sampai Mac OS 9. Dengan masih berdasarkan code dari Apple sendiri. Mac OS klasik memiliki kekurangan dalam command line karena keluarga Mac OS klasik ini lebih menonjolkan GUI. Mac OS klasik terkenal dengan kemudahan penggunaannya dan multi-tasking tetapi dalam manajement memori sangat terbatas, kurangnya perlindungan terhadap memori dan rentannya konflik diantara sistem operasi “ekstensi” itu dalam penambahan fungsi hardware (misalkan jaringan) atau dukungan perangkat hardware tertentu.

2. Mac OS X., sistem operasi Mac OS X yang dikembangkan dari Mac OS klasisk, dan NextSTEP dimana dengan berbasis UNIX. NextSTEP sudah berorientasi objek, sistem operasi yang multi-tasking untuk berjalan dalam komputer workstation, seperti NeXTcube, dan kemudian, arsitektur komputer lainnya. NeXTcube adalah komputer workstation dengan spesifikasi tinggi yang dikembangkan, diproduksi dan dijual oleh perusahaan komputer di amerika dari tahun 1990 sampai 1993.





COMMENTS :

Don't Spam Here

0 comments to “Teknologi Mac OS”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .